Home » » Lama dan Frekuensi Menyusui

Lama dan Frekuensi Menyusui



Sebaikannya bayi di susui secara nir-jadwal (on demand),karena bayi akan menentukan sendiri kebutuhannya. Ibu harus menyusui bayinya bila bayi menangis bukan karena sebab lain (kencing,kepanasan,kedinginan,atau sekedar ingin di dekap) atau ibu sudah merasa menyusui bayinya. Bayi yang sehat dapat mengosongkan satu payudara sekitar 5-7 menit dan ASI dalam lambung bayi akan kosong dalam waktu 2 jam. Pada awalnya bayi akan menyusui dengan jadwal yang tak teratur ,dan akan mempunyai pola tertentu setelah 1-2 minggu kemudian.
            Menyusui yang dijadwal akan akan berakibat kurang baik,karena isapan bayi sangat berpengaruh pada rangsangan produksi ASI selanjutnya. Dengan menyusui nir-jadwal,sesuai kebutuhan bayi,akan mencegah timbulnya masalah menyusui. Ibu yang bekerja di luar rumah dianjurkan agar lebih sering menyusui pada malam hari. Bila sering disusukan pada malam hari akan memacu produksi ASI.
Untuk menjaga keseimbangan basarnya kedua payudara maka sebaikannya setiap kali menyusui harus dengan kedua payudara,agar produksi ASI menjadi lebih baik. Setiap kali menyusui,di mulai dengan payudara yang terakhir disusukan.
Selama masa menyusui sebaikannya ibu menggunakan kutang (BH) yang dapat menyangga payudara,tetapi tidak terlalu ketat.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Random Post