Home » » Pengaruh Tanaman Herbal Bagi Kesehatan

Pengaruh Tanaman Herbal Bagi Kesehatan



Bab I
Pendahuluan

1.1               Latar Belakang
Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar didunia, Negara yang memiliki begitu banyak keanekaragaman baik habitat, maupun flora dan fauna yang dimilikinya. Keanekaragaman ini pula membuat Indonesia memiliki banyak keanekaragaman hayati termasuk juga keanekaragaman tanaman herbal. Dalam hal tanaman herbal, telah lama dikenal sebagai pengobatan tradisional oleh orang – orang terdahulu. Ini semua dibuktikan dalam, Isa (2009:3) mengatakan, Teknik pengobatan terdisional di China dimulai sejak 3000 tahun sebelum masehi, dan dibuktikan sekitar 500 tahun sebelum masehi (Kitab The Yellow Emperor’s Classics of Internal Medicine ). Namun dalam kenyataannnya sekarang, walaupun tumbuhan herbal sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, namun hanya sedikit dari masyarakat yang mengetahui tentang adanya manfaat tanaman herbal dalam mengobati penyakit, ini disebabkan produksi dan promosi obat – obatan kimia secara besar – besaran sehingga masyarakat kurang mengenal tanaman herbal dalam mengobati
penyakit, belum lagi ada masyarakat yang berpendapat kalau reaksi obat kimia lebih cepat dibanding obat dari tanaman herbal, padahal reaksi yang lama dalam pengobatan hal tersebut sangatlah wajar karena obat bukanlah cabai yang saat dimakan makan rasa pedasnya akan dirasakan saat itu juga sehingga ada beberapa orang yang bertanya adakah Pengaruh tanaman herbal bagi kesehatan. Dalam hal ini Pemerintah Indonesia tidak hanya tinggal diam, Pemerintah menerbitkan Undang-undang No. 9 tahun 1960 tentang pokok-pokok kesehatan pasal 2 ayat 4 yang berbunyi: Usaha-usaha pengobatan tradisional berdasarkan ilmu atau cara lain daripada ilmu kedokteran diawasi oleh pemerintah agar tidak membahayakan masyarakat.  Tujuan pembangunan kesehatan yang tertera dalam GBHN (Garis-Garis Besar Haluan Negara) adalah meningkatkan kemampuan untuk hidup sehat dan mampu mengatasi masalah kesehatan sederhana terutama melalui upaya pencegahan dan peningkatan upaya pemerataan pelayanan kesehatan agar terjankau oleh masyarakat sampai kepelosok pedesaan, maka upaya pengobatan tradisional merupakan suatu alternatif yang tepat sebagai pendamping pengobatan moderen.
Pengobatan tradisional dan obat tradisional telah menyatu dengan masyarakat, digunakan dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan baik di desa maupun di kota-kota besar. Kemampuan masyarakat untuk mengobati sendiri, mengenai gejala penyakit dan memelihara kesehatan. Untuk ini pelayanan kesehatan tradisional merupakan potensi besar karena dekat dengan masyarakat, mudah diperoleh dan relatif lebih murah daripada obat modern. Pada masyarakat modern ini, masyarakat belum begitu tahu tentang manfaat apa saja yang dapat kita peroleh dari tanaman herbal untuk kesehatan, itu dikarenakan masyarakat lebih mengenal obat – obatan dari bahan kimia, baik karena anjuran dari resep dokter yang lebih sering memberikan resep untuk membeli obat – obatan kimia di apotek atau pun karena mudah didapatkan di toko atau warung terdekat, sehingga membuat masyarakat kurang mengetahui kelebihan tersendiri yang dimiliki tanaman herbal ketimbang obat - obatan kimia yang biasa mereka konsumsi, bahkan terkadang masyarakat saat membeli obat tidak begitu tahu kandungan obat yang diresepkan oleh dokter. Contoh nyata penggunaan tanaman herbal dalam zaman moderen ini seperti Jeruk Nipis yang mampu mengobati penyakit demam, dan batuk dengan kandungan fellandren dan sitral digunakan dalam obat batuk Komix Jeruk Nipis, Daun Jambu biji mengobati penyakit diare dengan kandungan komponen flavonoid seperti tanin sehingga digunakan dalam komposisi obat Diapet. Itu adalah beberapa contoh tanaman herbal yang digunakan untuk beberapa penyakit ringan namun sering terjangkit di dalam masyarakat sehingga menjadikan obat herbal tersebut sangat bermanfaat selain karena faktor mudah didapatkan di alam, harganya cendrung lebih terjangkau, dan tidak memiliki efek samping seperti halnya yang diakibatkan oleh obat – obatan kimia. Mungkin kalau orang – orang yang memiliki uang yang cukup mereka dapat memperoleh pengobatan herbal misalnya pengobatan herbal ala china oleh tabib yang menanganinya atau mencari obat herbal diapotek, Di sisi lain ada  masyarakat yang tidak berkecukupan dan mereka memilih untuk menggunakan sebagai pengobatan karena mudah didapatkan di alam dan murah. Tetapi sebagian besar masyarakat dalam meracik tanaman herbal sebagai obat, mereka hanya didasarkan  kata orang lain ataupun pengalaman sendiri, tanpa mengetahui kandungannya bahkan tanaman herbal yang mereka ketahuipun masih terbatas, contoh yang paling terkenal seperti jeruk nipis, daun jambu biji, kunyit, temulawak dan sebagainya, sehingga masyarakat begitu menginginkan info yang cukup tentang tanaman apa saja yang dapat digunakan sebagai obat.

1.2               Rumusan Masalah
1.      Apakah ada pengaruh tanaman herbal bagi kesehatan ?
2.      Apasajakah kelebihan Tanaman herbal ketimbang obat – obatan dari bahan Kimia untuk kesehatan?
3.      Tanaman herbal apa sajakah yang dapat kita gunakan sebagai obat ?

1.3              Tujuan       
Sesuai dengan dengan masalah diatas, tujuan penelitian ini adalah :
1.      Memberikan penjelasan tentang kelebihan obat herbal dari pada obat kimia.
2.      Menjelaskan kepada kita lebih menghargai obat – obatan herbal.

1.4             Manfaat Penelitian
1.      Memberikan wawasan tentang manfaat tanaman herbal yang dapat di gunakan manusia untuk menyebuhkan penyakit.
2.      Membuat kita lebih mengoptimalkan potensi negri ini seperti tanaman obat, baik dalam pemanfaatannya maupun kelestariannya.


Download File Lengkap

Semoga Bermanfaat

1 komentar:

  1. Makasih atas penjelasan tanaman obat sebagai Obat herbal alami. Ijin download untuk filenya

    ReplyDelete

Popular Posts

Random Post