Home » » Contoh Proposal Tugas Akhir/Skripsi

Contoh Proposal Tugas Akhir/Skripsi



I.                   I. Judul Tugas Akhir
SISTEM INFORMASI SIMPAN PINJAM DI KSU HASANAH

II.                II. Latar Belakang
Sistem informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.
Sistem informasi merupakan fokus utama dari studi untuk disiplin sistem informasi dan organisasi informatika. Dan oleh karena itu sistem informasi yang berbasis komputasi sudah banyak diterapkan oleh setiap organisasi, lembaga, dan bahkan sampai perusahaan-perusahaan kecil seperti contohnya adalah koperasi.
Koperasi adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Dalam pengerjaannya koperasi juga memerlukan sebuah sistem informasi untuk mempermudah dalam melakukan pekerjaannya.
Disini penulis mengambil contoh salah satu koperasi simpan pinjam yaitu KSU Hasanah. Proses pengerjaan pada KSU Hasanah ini belum semuanya terkomputerisasi, seperti dalam transaksi pengembalian, biaya administrasi, membuat laporan bulanan, serta membuat laporan tahunan masih dilakukan secara manual, yaitu dengan menggunakan microsoft excel, dan untuk pengerjaan buku kas masih dikerjakan dengan tulis tangan. Namun, pada proses realisasi awal atau peminjaman awal dan juga untuk data nasabah sudah menggunakan software atau sudah komputerisasi.
Dari pengamatan penulis, maka database yang ada digunakan hanya untuk data nasabah dan proses realisasi awal saja. Hal ini dikarenakan proses yang lain tidak menggunakan sistem informasi atau masih dikerjakan secara manual.
Pada kesempatan ini, penulis mengangkat tema yang berdasarkan pada latar belakang tersebut. Dan akhirnya penulis membuat judul ”SISTEM INFORMASI SIMPAN PINJAM DI KSU HASANAH” dengan konsep sistem informasi berbasis database jaringan.
III.             III. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat diidentifikasikan masalah-masalah yang terjadi, yaitu :
1.       Database hanya digunakan untuk realisasi awal dan data nasabah saja, dan tidak digunakan untuk proses-proses lainnya.
2.       Nominatif pinjaman dan nominatif tabungan masih ditulis dalam MS. Excel.
3.       Data transaksi pengembalian dan biaya-biaya administrasi masih dilakukan menggunakan MS. Excel.
4.       Pembuatan laporan masih dilakukan dalam MS. Excel.
5.       Pembuatan buku kas masih ditulis tangan.

IV.              IV. Batasan Masalah
1.      Program ini mengenai Koperasi Simpan Pinjam di KSU Hasanah yang berbasis database jaringan. 
2.      User atau pengguna sistem ini adalah pegawai yang bekerja sebagai operator komputer.
3.      Output  yang dihasilkan dari  software  ini berupa laporan data nasabah, laporan transaksi peminjaman dan administrasi peminjaman, laporan pengembalian, laporan tabungan nasabah, laporan rekapitulasi serta realisasi yang berupa saldo, debet, dan kredit.

V.                 Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan penelitian ini adalah :
1.      Maksud
a.       Memenuhi persyaratan kelulusan strata satu (S1)
b.      Menciptakan dan menerapkan ilmu pengetahuan selama mengikuti perkuliahan.
c.       Merancang dan mengaplikasikan sistem informasi untuk koperasi simpan pinjam.
2.       Tujuan
a.       Mempermudah dalam pengerjaan.
b.      Merancang dan membuat aplikasi sistem informasi.

VI.              VI. Kerangka Pemikiran Teoritis
1.      SISTEM INFORMASI
Konsep Dasar Sistem
Sistem : kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Menurut Jerry FithGerald ; sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur  yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
Karakteristik Sistem :
a.       Memiliki komponen ;
Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari sistem. Setiap sistem tidak perduli betapapun kecilnya, selalu mengandung komponen-komponen atau subsistem-subsistem. Setiap subsistem mempunyai sifat-sifat dari sistem untuk  menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan. Suatu sistem Dapat mempunyai suatu sistem yang lebih besar yang  disebut supra sistem, misalnya suatu perusahaan dapat disebut dengan suatu sistem dan industri yang merupakan sistem yang lebih besar dapat disebut dengan supra sistem. Kalau dipandang industri sebagai suatu sistem, maka perusahaan dapat disebut sebagai subsistem. Demikian juga bila perusahaan dipandang sebagai suatu sistem, maka sistem akuntansi adalah subsistemnya.
b.      Batas sistem (boundary)
Batas sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan  luarnya. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai suatu kesatuan. Batas suatu sistem menunjukkan ruang lingkup (scope) dari sistem tersebut.
c.       Lingkungan luar sistem (environment) ;
Adalah apapun di luar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem.
d.      Penghubung sistem (interface) ;
Merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem yang lainnya.
e.       Masukan sistem (input) ;
Merupakan energi yang dimasukkan ke dalam sistem. Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan  sinyal (signal input). Maintenance input adalah energi yang dimasukkan supaya sistem tersebut dapat beroperasi. Signal input adalah energi yang diproses  untuk didapatkan keluaran. Sebagai contoh didalam sistem komputer, program adalah maintanance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputernya dan data adalah signal input untuk diolah menjadi informasi.
f.        Keluaran sistem (Output) ;
Merupakan hasil dari energi yang diolah oleh sistem.
g.       Pengolah sistem (Process) ;
Merupakan bagian yang memproses masukan untuk menjadi keluaran yang diinginkan.
h.       Sasaran sistem ;
Kalau sistem tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak akan ada gunanya.

2.   Local Area Network
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah, atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b atau biasa disebut Wi-fi juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

3.      Koperasi
            Koperasi adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Prinsip koperasi
       Prinsip koperasi adalah suatu suatu ide-ide abstral yang merupakan petunjuk untuk membangun koperasi yang efektif dan tahan lama.Prinsip koperasi terbaru yang dikembangkan International Cooperative Alliance (Federasi koperasi non-pemerintah internasional) adalah keanggotaan yang bersifat terbuka dan sukarela, pengelolaan yang demokratis, partisipasi anggota dalam ekonomi, kebebasan dan otonomi, serta pengembangan pendidikan, pelatihan, dan informasi.

Fungsi dan Peran Koperasi Indonesia
       Menurut Undang-undang No. 25 tahun 1992 Pasal 4 dijelaskan bahwa koperasi memiliki fungsi dan peranan antara lain yaitu mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota dan masyarakat, berupaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia, memperkokoh perekonomian rakyat, mengembangkan perekonomian nasional, serta mengembangkan kreativitas dan jiwa berorganisasi bagi pelajar bangsa.

Sumber Dana Kredit Anggota
       Sumber dana kredit anggota Simpan Pinjam di KSU Hasanah :
1.      Tabungan Wajib
            Berupa tabungan wajib yang harus dibayar oleh anggota setiap kali melakukan transaksi peminjaman atau memasuki bulan angsuran pembayaran berikutnya . Besar tabungan wajib adalah 2.5% dari besar peminjaman atau dari sisa saldo pinjaman jika anggota melakukan pembayaran secara angsuran berjangka waktu. Penarikan tabungan wajib bisa dilakukan setiap 6 bulan sekali, apabila tabungan wajib ditarik semua maka rekening tutup.

2.      Tabungan Sukarela
             Berupa tabungan anggota yang tidak ditentukan besaran minimum dan maksimum uang yang akan disimpan oleh anggota.

Kredit Pinjaman
        Kredit pinjaman yang diberikan kepada anggota KSU Hasanah yang baru, peminjaman maksimal adalah Rp. 300.000,- dan untuk selanjutnya maksimal Rp. 500.000,-.
        Pinjaman yang diterima anggota dipotong 10% dari nominal pinjaman, potongan tersebut terdiri dari :
-         5% Adm Pinjaman
-         2,5% Adm Tagihan
-         2,5% Tabungan Wajib
Pelunasan dapat berupa angsuran berjangka waktu. Dimulai dari satu sampai lima bulan, tergantung dari permintaan anggota pada saat meminjam.


 VII.           VII. Rencana Jadwal Penelitian
Untuk kelancaran jadwal penelitian untuk skripsi ini, penulis membuat rencana jadwal penelitian selama 8 minggu. Lebih jelasnya bisa dilihat pada tabel berikut:
                       
No
Kegiatan
Minggu ke
1
2
3
4
5
6
7
8
1
Perencanaan Judul








2
Pengajuan Proposal








3
Analisa Sistem Informasi








4
Perancangan Sistem








5
Pembuatan Laporan








6
Pembuatan Program










VIII.        Calon Pembimbing
Dalam penyusunan Tugas Akhir ini, penulis mengajukan Drs. Purwadi Budi Santoso, MT. sebagai pembimbing.


DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Koperasi
http://cetak.bangkapos.com/opini/read/183.html
http://www.koperasisyariah.com/fungsi-dan-peran-koperasi/
http://wawan-junaidi.blogspot.com/2011/02/fungsi-dan-peran-koperasi.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Random Post