Home » » stroke

stroke

Penyebab stroke

 

 Stroke adalah gangguan saraf yang menetap. Penyebabnya adalah kerusakan pembuluh darah di otak, yang terjadi selama 24 jam atau lebih. Serangan itu berlangsung selama 15-20 menit. Orang menyebutnya sebagai serangan otak, identik dengan serangan jantung.
Stroke ini bisa disebabkan aneurysma (pembuluh darah seperti balon yang pecah) atau hipertensi. Tercatat 80 persen pasien stroke perdarahan itu disebabkan hipertensi dan 20 persen karena adanya kelainan pembuluh darah di otak sejak dini/lahir (AVM) dan pecah saat bertambah usia.
 Sekarang ada kecendrungan serangan stroke menimpa mereka yang berusia muda. Kalau dulu stroke terjadi pada usia tua, sekarang justru pada anak muda umur 35-40 tahun. Pola makan dan gaya hidup menjadi penyebab utamanya.


 Lihat saja anak-anak SD dan SMP perkotaan masa kini yang lebih suka makanan junk food yang penuh kolesterol dan triglisterid.
 Bentuk makanan bisa bermacam-macam, misalnya daging ayam, sapi, yang bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah arterosklerosis. Daging memang dibutuhkan tubuh. Akan tetapi, sebelum dimakan sebaiknya lemaknya dipinggirkan dari daging,atau sebelum dimasak daging tersebut direbus dulu supaya lemaknya keluar.
Itu adalah upaya mencegah agar tidak terjadi stroke. Selain menjaga pola makan, juga olah raga teratur dan tidak minum kopi, karena kopi bisa menyebabkan hipertensi atau meningkatkan kadar kolesterol.



0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Random Post